PROYEK PERANCANGAN 2
Proyek Perancangan 2
merupakan kegiatan perancangan ruang Kelompok Sosial Inti (KSI). Proyek
Perancangan 2 merupakan integrasi dalam penerapan pengetahuan perancangan ruang
melalui pendekatan gagasan dwelling dan pertimbangan siklus kehidupan dan
kegiatan sehari-hari dari KSI, penerapan prinsip-prinsip dasar struktur dan
konstruksi bangunan bertingkat rendah, utilitas bangunan serta kaidah-kaidah
fisika bangunan. Proyek Perancangan 2 terdiri dari kegiatan pembelajaran dalam
dua mata ajaran yang saling mendukung yaitu Perancangan Arsitektur Interior 2
dan Teknologi Bangunan 2.
1. PERANCANGAN ARSITEKTUR INTERIOR 2
ENAI600005
7 SKS
Tujuan Pembelajaran:
Merancang ruang kelompok
sosial inti (KSI) melalui pendekatan gagasan dwelling dengan mempertimbangkan
siklus kehidupan dan kegiatan sehari-hari dari KSI.
Silabus:
Perancangan Arsitektur
Interior 2 mengajukan persoalan kritikal ruang kehidupan manusia dalam konteks
komunitas urban, melalui perancangan sebuah dwelling. Pengetahuan perancangan
mencakup pemahaman pengertian dwelling, observasi dan analisis terhadap sebuah
KSI, pemahaman terhadap konteks fisik dan konteks sosial budaya dari rancangan,
pengembangan gagasan kualitas ruang secara kreatif, perumusan organisasi dan
program ruang, yang menjadi landasan pengembangan gagasan ruang secara
terintegrasi, yang dikomunikasikan secara profesional.
Prasyarat:
-
Pernah
mengikuti mata ajaran Perancangan Arsitektur Interior 1
-
Pernah atau sedang mengikuti mata ajaran Teknologi Bangunan 2
Tugas:
-
Melakukan kajian yang komprehensif terhadap preseden dwelling dengan
kualitas rancangan ruang dan teknologi terbaik;
-
Merancang ruang untuk sebuah KSI.
Buku Ajar:
1. Karen A Franck, R. Bianca Lepori,
Architecture from the Inside Out: From the Body, the Senses, the Site and the
Community, Academy Press 2007.
2. Martin Heidegger, “Building, Dwelling, Thinking”, in Poetry, Language,
Thought. New York: Harper and Row, 1971
3. Erik Erikson, The Life Cycle Completed,
WWNorton & Company, 1997
4. Electa, Rizzoll.The Concept of Dwelling, New
York,1984
5. Toby Israel, Some Place Like Home: Using
Sesign Psychology to Create Ideal Places, Wiley-Academy, 2003
6. Christian Norberg-Schulz,Genius Loci: Towards
a Phenomenology of Architecture, Rizzoli, 1984
7. Bryan Lawson, The Language of Space,
Routledge, 2001
8. Juhani Pallasmaa, The Eyes of the Skin:
Architecture and the Senses, John Wiley & Sons, 2012
9. Hannah Arendt, The Human Condition, The
University of Chicago Press,1958
10. John F Pile, Interior Design.Harry N, Abrams,
Inc Publishers, New York, 2004
11. John E Flynn, Arthur W. Segil,Architectural
Interior System: Lighting, Accoustics, Air Conditioning, Van Nostrand Reinhold;
1992.
12.
S.C. Reznikoff, Interior Graphic and Design Standars. Whitney Library of
Design, New York 198S.
2. TEKNOLOGI BANGUNAN 2
ENAI600011
3 SKS
ENAI600011
3 SKS
Tujuan Pembelajaran:
Mahasiswa mampu memahami
detail konstruksi interior dan furnitur melekat, macam dan sifat material, cara
pengkonstruksian, teknik serta proses finishingnya. Termasuk juga memahami
utilitas bangunan dan kaitannya dengan ruang interior, kaidah fisika bangunan
(passive cooling) untuk kenyamanan, akustik dan pencahayaan.
Silabus:
Aplikasi konsep menjadi
bentuk fisik, pengetahuan komprehensif mengenai material, spesifikasi bahan,
Kaidah penerapan utilitas serta fisika bangunan (passive cooling) untuk
kenyamanan termal , akustik dan pencahayaan.
Prasyarat:
Pernah mengikuti mata ajaran Teknologi Bangunan 1.
Tugas:
Berupa gambar dan model struktur/konstruksi interior serta utilitas dan fisika bangunan dari rancangan ruang kelompok sosial inti yang sesuai dengan tugas Proyek Perancangan 2.
Buku Ajar:
1. Mario Salvadori, Why Buildings Stand Up, WW
Norton Company, New York, 1990
2. Matthys Levy & Mario Salvadori, Why
Buildings Fall Down, WW Norton Company, New York, 2002
3. Hartono Poerbo, Utilitas Bangunan, Penerbit
Djambatan, 1992
4. Norbert Lechner, Heating, Lighting, Cooling,
edisi ke 2, PT Raja Grafindo Persada, 2007
5. Binggeli, Corky. 2009. Building Systems for
Interior Designers. Wiley
6. David Kent Ballast, AIA, Interior
Construction and Detailing for Designers and Architects, Belmont, CA :
Professional Publiactions, 2002
7. Jim Postell, Nancy Gesimondo, Materiality and
Interior Construction, John Wiley & Sons, 2011
8.
Maryrose McGowan, Kelsey Kruse, Interior graphic standards, John Wiley
& Sons, 2003
3. ERGONOMI
ENAI600003
3 SKS
3 SKS
Tujuan Pembelajaran:
Mahasiswa
memahami prinsip-prinsip ergonomi pada perencanaan dan perancangan lingkungan
binaan (anthropometri, aspek-aspek kualitas ruang: suara, vibrasi, iluminasi). Aktivitas
perancangan dengan berbagai pertimbangan ergonomic ditujukan untuk meningkatkan
kualitas hidup manusia yang berlandaskan kepada keterbatasan dan keunggulan
manusia dalam melaksanakan berbagai kegiatannya.
Silabus:
Teori
dasar ergonomi sebagai bidang ilmu. Aplikasi pada perencanaan dan perancangan
lingkungan binaan: ukuran dan bentuk (size and shape), pandangan (vision),
suara (sound), lingkungan kerja (job design), kesalahan manusia (human error).
Prasyarat:-
Buku
Ajar:
1.
Alphonse Chapanis, Human Factors in Systems Engineering. John Wiley &
Sons. New York. 1996
2.
Mark S Sanders and Ernest J. MC Cormick. Human Factors in Engineering and
Design, McGraw Hill, Singapore, 1992
3.
Galen Cranz, The Chair: Rethinking Culture, Body and Design, W & W
Norton Company,2000.
4.
RS Bridger, Introduction to Ergonomics, Mc. Graw Hill, Singapore, 1992
5.
Amit Bhattacharya, James D Mc. Glothin, Occupational
Ergonomics Theory and Applications, Marcel Dekker Inc, New York, 1996.
4. APRESIASI SENI
ENAI600001
3 SKS
ENAI600001
3 SKS
Tujuan Pembelajaran :
Kepekaan
estetik terhadap karya seni pada tingkat praktis dan teoritis terkait dengan
disiplin ilmu, maupun dalam kehidupan sehari-hari; pemahaman pengertian
apresiasi seni, teori-teori estetik dan teori-teori seni terutama pada masa
kontemporer; penerapan pengetahuan tentang apresiasi seni dan mempraktekkan
pembahasan tentang karya seni dan mengaitkan dengan bidang keilmuan.
Silabus:
Seni
dan apresiasi seni serta penerapan praktek apresiasi seni melalui penyampaian
deskripsi pengalaman (sense, estetik) dan pemahaman (konsep dan teori) terhadap
karya seni, berdasarkan kriteria teknis – formal maupun pemahaman teori-teori melalui pandangan
interpretative terhadap karya seni. Karya seni di sini meliputi berbagai genre
seni: seni visual, audio, pertunjukan, sastra dan bidang seni lainnya yang
relevan dengan bidang studi arsitektur interior.
Prasyarat: -
Buku Ajar:
1.
Alex Neil & Aaron Ridley, Arguing About Art: Contemporary Philosopical
Debates, Routledge (3rd ed), 2007
2.
Arthur Danto, The Transfiguration of the Commonplace: A Phylosophy of
Art,Harvard University Press, 2001
3.
Arthur Danto, The Abuse of Beauty: Aesthetics and the Concept of Art (the
Paul Carus Lecture Series), Open Court,2003
4.
Cynthia Freeland, But Is It Art? An Introduction to Art Theory, Oxford
University Press, 2001
5.
Claire Holt, Art in Indonesia, Continuity and Changes, Cornell
University-Ithaca and London, 1967
6.
Edmund Burke Feldman, Art as Image and Idea, Prentice Hall, 1967
7.
Noel Carrol, Theories of Art Today, University of Wisconsin Press, 2000
8.
Peter Lamarque, The Philosophy of Literature (Foundation of the Philosophy
of the Arts), Wiley-Blackwell, 2008
9.
Rathus Louis Fisher, Understanding Art, Prentice Hall 1994
10.
Robin Maconie, The Concept of Music, Oxford University Press USA, 1993
11. Selected books on Aesthetics and
Design (to be desiced later before/in class).
5. TEORI & METODE PERANCANGAN ARSITEKTUR INTERIOR
ENAI600013
3 SKS
3 SKS
Tujuan Pembelajaran:
Teori dan
Metode Perancangan Arsitektur Interior merupakan kelanjutan dari mata ajar
terdahulu, yaitu Teori dan Metode Perancangan Arsitektur.Fokus utama dalam mata
ajar ini adalah isu 'Interioritas', yang juga merupakan fokus dari Program
Studi Arsitektur Interior Universitas Indonesia.Mata kuliah ini bukan merupakan
mata kuliah “how to” karena “how to”akan menjadi bagian dari Studio Perancangan Arsitektur
Interior. Namun, isu-isu lain yang berkaitan dengan bidang Arsitektur Interior
akan dibahas selama isu tersebut relevan. Seperti pada Teori dan Metode
Perancangan Arsitektur, mata ajar ini membahas teori dan metode yang akan
menjadi “critical tools” yang penting bagi mahasiswa untuk diaplikasikan di dalam
tugas-tugas Studio Perancangan maupun pada masa-masa selanjutnya.
Silabus:
Interiority; Body and space; Programming; Type, Sign and
Society; Design in Society, Semiotics in Design; Critical Regionalism; Design
and the Issue of Locality; Folding.
Prasyarat: Telah mengambil Teori dan Metode Perancangan Arsitektur
Buku Ajar:
1.
Shashi CaanBeing, in a book, Rethinking Design and Interiors: Human Beings
in the Built Environment, Laurence King Publishing, London, 2011.
2.
Mark Kingwell, Mark Taylor and Julieanna Preston,Tables, Chairs, and Other
Machines for Thinking, in Intimus, by (eds.), Wiley-Academy, Chichester, 2006,
pp. 173-179.
3.
Gaston Bachelard, The Dialectics of Outside and Inside, inIntimus, by Mark
Taylor and Julieanna Preston (eds.), Wiley-Academy, Chichester, 2006, pp.
22-25.
4.
Rem Koolhaas, Delirious New York: A Retroactive Manifesto of Manhattan,
(1978)
5.
Adrian Forty, Words and Buildings: a Vocabulary of Modern Architecture, pp.
304 – 311.
6.
Michel Foucault,Discipline and Punish, by (only the chapter on disciplining
the docile bodies).
7.
Neil Leach (ed),Rethinking Architecture. Read articles by Umberto Eco and
Roland Barthes.
8.
Robert Venturi, Denis Scott Brown, Steven Izenour,Learning from Las Vegas,
9.
Fredric Jameson,Postmodernism, or the Cultural Logic of Late Capitalism. Read
the parts of The Rise of Aesthetic Populism, and Postmodernism as Cultural
Dominant (pp. 54-58). Then, read The Bonaventura Hotel (pp. 80-84). Can be
downloaded
fromhttp://classweb.gmu.edu/sandrew3/misc/nlr142jameson_postmodernism.pdf
10.
Kenneth Frampton,Towards a Critical Regionalism: Six Points for an
Architecture of Resistance. Can be downloaded from: http://www.colorado.edu/envd/courses/envd4114-001/Spring%2006/Theory/Frampton.pdf
11.
Greg Lynn,Architectural Curvilinearity: the Folded, the Pliant and the
Supple, in Theories and Manifestoes of Contemporary Architecture (Jencks and
Kropf, eds., 1999), pp. 125-127.
12.
(optional) Guy Debord, Society of Spectacle, by 1967. Can be
downloaded fromhttp://www.marxists.org/reference/archive/debord/society.htm, OR
http://library.nothingness.org/articles/SI/en/pub_contents/4
13.
(optional) Maurice Merleau-Ponty, Part II, The
World as Perceived, in Phenomenology of Perception, by (English trans. by Colin
Smith), Routledge, London, 2002). Can be downloaded
on:https://wiki.brown.edu/confluence/download/attachments/73535007/Phenomenology+of+Perception.pdf?version=1&modificationDate=1286305678000

0 komentar:
Posting Komentar