1. SKRIPSI
ENAR600017 / ENAR610017
8 SKS
ENAR600017 / ENAR610017
8 SKS
Tujuan
Pembelajaran:
-
Mampu mengidentifikasi, mempelajari dan mengkomunikasikan
isu-isu dalam suatu area kajian khusus yang berkaitan dengan arsitektur.
-
Mampu mengembangkan keahlian dasar dalam hal membaca,
meriset dan menulis sebuah tulisan ilmiah.
-
Mampu mengembangkan sebuah pemahaman riset sebagai sebuah
kegiatan yang menuntut pemikiran dan penalaran yang runut dan sistematis.
-
Mampu mengembangkan sebuah pemahaman kritis terhadap
berbagai isu dalam arsitektur.
Silabus:
-
Skripsi diawali dengan pertanyaan: “Apa yang ingin saya
dalami?”.
-
Usaha mendalami masalah dan menjelaskan pemahaman
terhadap masalah tersebut dengan tingkat kedalaman yang masih terbatas, tanpa
tuntutan untuk menyelesaikan masalah, menciptakan atau mengembangkan sesuatu
yang baru yang memberikan kontribusi kepada disiplin ilmu arsitektur.
-
Investigasi ringan yang dilakukan melalui studi literatur
dan studi kasus.
-
Originalitas.
-
Pilihan moda penulisan ilmiah: deskripsi, narasi,
penjelasan atau argumen.
Prasyarat:
Telah lulus mata ajaran Perancangan Arsitektur 4
Buku Ajar:
1. John Zeisel, Inquiry by Design
2. How To Write A Better Thesis
Dissertation
3. F. Crews. The Random House Handbook,
Ran¬dom House: New York, 1974, 1977, 1980.3rd. ed, pgs 10-114.
4. I. Border and K. Ruedi, The
Dissertation: an Architecture Student’s Handbook, Oxford University Press,
2000.
TY.
Hardjoko, Panduan Meneliti dan Menulis Ilmiah, Depok, Departemen Arsitektur
Uni¬versitas Indonesia, 2005

0 komentar:
Posting Komentar