Minggu, 11 Januari 2015

Mata Kuliah Wajib Arsitektur Interior Semester 8




1. TUGAS AKHIR
ENAI600014

Tujuan Pembelajaran:
Mata kuliah ini diambil bersamaan dengan mata kuliah Kajian Mandiri (3 sks).Tujuan dari tugas akhir adalah mahasiswa mampu merespon issue di dalam konteks lokal, komunitas sampai dengan kota. Issue yang diambil diselesaikan melalui perancangan interior arsitektur dengan skala publik institusional dengan interioritas sebagai acuan dalam memulai perancangan. Mahasiswa mendemostrasikan metode yang dipilihnya secara mandiri untuk menyelesaikan masalah perancangan ruang dalam. Proyek tugas akhir menekankan profesionalisme dalam mendesain sebagai puncak dari pembelajaran perancangan arsitektur interior yang disiapkan sebagai portfolio pada proyek profesional.

Silabus:
Tugas akhir merupakan puncak dari pembelajaran perancangan arsitektur interior yang disiapkan sebagai portfolio pada proyek profesional.Perancangan tugas akhir merupakan penggabungan komprehensif pengetahuan yang telah didapatkan mahasiswa dalam wujud rancangan interior. Mahasiswa mampu menunjukkan teknik presentasi desain dan konstruksi serta portfolio. Keluaran yang diharapkan dari mahasiswa adalah portfolio, design report, technology report dan model.

2. SKRIPSI
ENAI600014
8 SKS

Tujuan Pembelajaran:
-          Mampu mengidentifikasi, mempelajari dan mengkomunikasikan isu-isu dalam suatu area kajian khusus yang berkaitan dengan arsitektur.
-          Mampu mengembangkan keahlian dasar dalam hal membaca, meriset dan menulis sebuah tulisan ilmiah.
-          Mampu mengem¬bangkan sebuah pemahaman riset sebagai sebuah kegiatan yang menuntut pemikiran dan penalaran yang runut dan sistematis.
-          Mampu mengembangkan sebuah pemahaman kritis terhadap berbagai isu dalam arsitektur.

Silabus:
Skripsi diawali dengan pertanyaan: Apa yang ingin saya dalami?. Usaha mendalami masalah dan menjelaskan pemahaman terhadap masalah tersebut dengan tingkat kedalaman yang masih terbatas, tanpa tuntutan untuk menyelesaikan masalah, menciptakan atau mengembangkan sesuatu yang baru yang memberikan kontribusi kepada disiplin ilmu arsitektur. Investigasi ringan yang dilakukan melalui studi literatur dan studi kasus. Originalitas. Pilihan moda penulisan ilmiah: deskripsi, narasi, penjelasan atau argumen.

Prasyarat: Telah lulus mata ajaran Perancangan Arsitektur 4

Buku Ajar:
1.      John Zeisel, Inquiry by Design: Environment/Behavior/Neuroscience in Architecture, Interiors, Landscape, and Planning, WW Norton, 2006
2.      F. Crews. The Random House Handbook, Random House: New York, 1974, 1977, 1980.3rd. ed, pgs 10-114.
3.      I. Border and K. Ruedi, The Dissertation: an Architecture Students Handbook, Oxford University Press, 2000.

4.      TY. Hardjoko, Panduan Meneliti dan Menulis Ilmiah, Depok, Departemen Arsitektur Uni¬versitas Indonesia, 2005.

0 komentar:

Posting Komentar