1. TUGAS AKHIR
ENAI600014
Tujuan Pembelajaran:
Mata kuliah ini diambil
bersamaan dengan mata kuliah Kajian Mandiri (3 sks).Tujuan dari tugas akhir
adalah mahasiswa mampu merespon issue di dalam konteks lokal, komunitas sampai
dengan kota. Issue yang diambil diselesaikan melalui perancangan interior
arsitektur dengan skala publik institusional dengan interioritas sebagai acuan
dalam memulai perancangan. Mahasiswa mendemostrasikan metode yang dipilihnya secara
mandiri untuk menyelesaikan masalah perancangan ruang dalam. Proyek tugas akhir
menekankan profesionalisme dalam mendesain sebagai puncak dari pembelajaran
perancangan arsitektur interior yang disiapkan sebagai portfolio pada proyek
profesional.
Silabus:
Tugas akhir merupakan
puncak dari pembelajaran perancangan arsitektur interior yang disiapkan sebagai
portfolio pada proyek profesional.Perancangan tugas akhir merupakan
penggabungan komprehensif pengetahuan yang telah didapatkan mahasiswa dalam
wujud rancangan interior. Mahasiswa mampu menunjukkan teknik presentasi desain
dan konstruksi serta portfolio. Keluaran yang diharapkan dari mahasiswa adalah
portfolio, design report, technology report dan model.
2. SKRIPSI
ENAI600014
8 SKS
Tujuan Pembelajaran:
-
Mampu mengidentifikasi, mempelajari dan mengkomunikasikan isu-isu dalam
suatu area kajian khusus yang berkaitan dengan arsitektur.
-
Mampu mengembangkan keahlian dasar dalam hal membaca, meriset dan menulis
sebuah tulisan ilmiah.
-
Mampu mengem¬bangkan sebuah pemahaman riset sebagai sebuah kegiatan yang
menuntut pemikiran dan penalaran yang runut dan sistematis.
-
Mampu mengembangkan sebuah pemahaman kritis terhadap berbagai isu dalam
arsitektur.
Silabus:
Skripsi diawali dengan
pertanyaan: “Apa yang ingin saya dalami?”. Usaha mendalami masalah dan menjelaskan pemahaman terhadap masalah
tersebut dengan tingkat kedalaman yang masih terbatas, tanpa tuntutan untuk
menyelesaikan masalah, menciptakan atau mengembangkan sesuatu yang baru yang
memberikan kontribusi kepada disiplin ilmu arsitektur. Investigasi ringan yang
dilakukan melalui studi literatur dan studi kasus. Originalitas. Pilihan moda
penulisan ilmiah: deskripsi, narasi, penjelasan atau argumen.
Prasyarat: Telah lulus
mata ajaran Perancangan Arsitektur 4
Buku Ajar:
1. John Zeisel, Inquiry by Design:
Environment/Behavior/Neuroscience in Architecture, Interiors, Landscape, and
Planning, WW Norton, 2006
2. F. Crews. The Random House Handbook, Random
House: New York, 1974, 1977, 1980.3rd. ed, pgs 10-114.
3. I. Border and K. Ruedi, The Dissertation: an
Architecture Student’s Handbook, Oxford
University Press, 2000.
4. TY. Hardjoko, Panduan Meneliti dan Menulis
Ilmiah, Depok, Departemen Arsitektur Uni¬versitas Indonesia, 2005.

0 komentar:
Posting Komentar